Ini Lho Poin Penting yang Harus Kamu Perhatikan Agar Masuk Kuota SNMPTN 2021

 

Ini Lho Poin Penting yang Harus Kamu Perhatikan Agar Masuk Kuota SNMPTN 2021



Sebagian anak muda masih kebingungan bagaimana cara agar bisa mendapat kuota SNMPTN di universitas impian lewat jalur undangan atau biasa disebut SNMPTN. Menginjak kelas 12 pasti sudah mulai memikirkan akan melanjutkan ke universitas mana, jurusan apa dan persiapan untuk bayar uang  kuliah.yang bisa dikatakan tidak sedikit.

SNMPTN sendiri merupakan salah satu jalur undangan masuk perguruan tinggi menggunakan nilai raport SMA dari kelas 10 semester 1 sampai dengan kelas 12 semester 5. Tentu saja jalur SNMPTN mendapat perlakuan istimewa sebab tidak semua siswa di indonesia bisa mendapat kuota siswa khusus atau biasa disebut dengan siswa Eligible di sekolah. hanya siswa-siswi terpilih yang mendapatkan kuota mengikuti seleksi SNMPTN.

Jalur SNMPTN masing-masing sekolah ditentukan oleh 2 hal, pertama akreditasi sekolah tersebut, kedua jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut. Perlu kalian ketahui  Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan SNMPTN sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah yaitu, sekolah yang memiliki Akreditasi A mempunyai kuota 40%.

Sedangkan, sekolah yang memiliki Akreditasi B mempunyai kuota 25%, sekolah yang memiliki Akreditasi C diberikan kuota sebanyak 5%. Kuota yang dimaksud, tentu diberikan kepada kamu yang memiliki nilai terbaik di masing-masing sekolah. Jadi apa akreditasi sekolahmu?

6 Poin yang Perlu Kamu Perhatikan


Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin memperoleh kuota SNMPTN dari sekolah:

  1. Perhatikan nilai raportmu mulai dari kelas 10 semester 1 sampai dengan kelas 12 semester 5. Usahakan agar nilai raport mu stabil dan tidak ada penurunan, syukur kalau terus meningkat.
  2. Memilih jurusan PTN sesuai dengan rata-rata yang dimiliki. Usahakan jika kamu termasuk siswa eligible disekolah, maka lihat peluang PTN dan jurusan yang akan kamu tuju apakah memungkinkan dijangkau ataukah tidak. Sebab itu sangat penting jika kamu akan memilih PTN sesuai dengan nilai rata-rata raport.
  3. Usahakan tahu nilai rata-rata teman sekitar. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena ini akan memengaruhi peluang masuk jurusan yang kamu tuju. Jika kamu mempunyai teman yang rata-ratanya lebih tinggi darimu dengan pilihan PTN yang sama lebih baik anda mengalah dari temanmu karena hal tersebut dapat membuat peluang lolos mu semakin kecil.
  4. Konsultasi dengan guru BK atau orang orang yang bena-benar mengerti tentang Perguruan Tinggi. Ketika kelas 12 guru BK berperan sangat penting bagi siswa untuk memberi arahan dan masukan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Biasanya guru BK sangat berpengalaman terkait perihal tersebut dan pasti ia akan membantumu dalam mencari perguruan tinggi yang baik dan konsultasi mengenai jurusan apa yang mungkin masih kamu pertanyakan.
  5. Jika kamu mempunyai sertifikat baik akademik maupun non akademik. Sertifikat selama SMA sangatlah penting untuk membantu membuka peluang lolos SNMPTN. Jika kamu memiliki banyak sertifikat maka itu merupakan hal yang baik. Dan jangan lupa untuk mengunggah semua sertifikat yang kamu punya.
  6. Terus berdoa dan berikhtiar. Berdoa adalah usaha yang wajib dilakukan karena semua yang kita lakukan merupakan kehendak yang kuasa. Jangan hanya berdoa saja tetapi juga harus berikhtian. Tuhan pasti membantu hambanya yang senantiasa berdoa dan berusaha.

Jika mungkin kamu tidak lolos SNMPTN jangan terlalu bersedih. Itu bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak jalur yang bisa kalian coba seperti: SBMPTN, Mandiri dan jalur lain" yang di sediakan di setiap universitas Masing". Tetap semangat mengejar cita-cita dan terus belajar.